Mencipta Desa, Membangun Manusia

Panduan Penangkapan Inovasi Desa (Capturing)

Hosting Unlimited Indonesia
Program Inovasi Desa

Panduan Penangkapan Inovasi Desa (Capturing) ini disiapkan dan mempermudah Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID di masing-masing wilayah khususnya di daerah Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo untuk melakukan capturing dan menjadi dokumen pegangan bagi penanggungjawab dan pelaku capturing dalam menjalankan tugasnya. Dalam melakukan capturing, hal penting yang perlu diingat adalah tujuan dibuatnya produk pengetahuan dan penggunanya. Dalam Program Inovasi Desa (PID), sudah jelas bahwa produk pengetahuan yang dibutuhkan adalah tulisan dan video, minimalnya, tergantung kebutuhan dan anggaran.

1. Identifikasi Pengetahuan

Identifikasi suatu pengetahuan berasal dari pengalaman yang tersimpan di dalam pikiran seseorang, misalnya pengetahuan di desa yang akan hilang ketika ahli atau narasumber yang memiliki ilmunya berpindah desa, atau pengetahuan yang dibutuhkan tapi tidak tersimpan dalam wujud yang terlihat. Ini dapat berupa pengalaman praktis, sebuah pembelajaran yang layak untuk disimpan dan dibagikan pada desa lain saat ini atau di masa yang akan datang

2. Verifikasi Inovasi

Pengetahuan yang telah diidentifikasi sebagai inovasi, harus melalui tahapan verifikasi sebelum dilakukan penangkapan (capturing) dan didokumentasikan dalam template dokumen pembelajaran. Tahapan verifikasi dilakukan oleh TIK berdasarkan hasil identifikasi inovasi yang dilakukan oleh TPID pada tahapan identifkasi inovasi berdasarkan Kartu IDE dari Bursa Inovasi Desa. Tahapan verifikasi ini untuk memastikan bahwa inovasi yang telah dituliskan di Kartu IDE dan informasi hasil identifikasi TPID adalah fakta inovasi yang telah benar-benar terjadi dan telah memenuhi kriteria inovasi dalam PID.

3. Menangkap (Capturing) Inovasi

Tahapan ini menentukan metode penangkapan inovasi yg akan dipakai dalam proses pengumpulan data dan informasi untuk dimasukkan ke dalam dokumen pembelajaran yang akan menjadi basis bagi pembuatan bentuk untuk dibagikan.

4. Dokumen Pembelajaran

Sebagai dasar pembuatan dokumen pembelajaran, gunakan template berikut dengan semua informasi yang telah diperoleh saat wawancara. Kotak-kotak di dalam template menjadi panduan akan volume informasi yang harus dimasukkan. Tuliskanlah sebanyak yang Anda perlukan untuk menggambarkan pengalaman atau praktek operasional inovasi dengan komprehensif dan ringkas. Rata-rata deskripsi sebuah pengalaman akan terdiri atas 3 sampai 6 halaman termasuk foto, ilustrasi, grafik. Kumpulkan gambar, foto, ilustrasi, dan grafik ketika dibutuhkan dan masukkan ke kotak yang sesuai di dalam template.

Untuk lebih lengkap/detail panduan penangkapan kegiatan inovasi atau capturing bisa anda download dibawah ini. dan Jika anda membutuhkan contoh dokumen pembelajaran bisa Anda dapatkan disni » Dokumen Pembelajaran Inovasi Desa

 

Berlangganan

Berlangganan: Dapatkan berbagai materi dan informasi seputar Desa yang terupdate dangan menyesuaikan kondisi terkini dan sesuai regulasi terbaru.

0 Komentar:

Memuat…

Tautan (link) hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan tautan dengan aman, gunakan kode [url=http://example.com]Teks Tautan[/url]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img]URL GAMBAR[/img]
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h4">JUDUL ANDA DI SINI…</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA DI SINI…</strong>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <em>TEKS ANDA DI SINI…</em>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

:) :( ^_^ :D ;) :bd :'( :\ ;p B) :Q :Ozzz 7:( \o/ **p :* 0:) :a 7:O *fuck* x& x@ ~x( *yaya* =p*

C:ID ❖ CIPTA DESA. Media ini merupakan pembelajaran bersama dari berbagai sumber terpecaya dan bertujuan sebagai media sharing bersama dari berbagai kebutuhan berdesa secara administrasi, mulai dari regulai-regulasi desa, format dokumen dan video yang sudah dikemas dengan diskusi-sikusi dari mereka yang profesional demi menjawab kabutuhan terkini dalam berdesa.

  ENGLISH

This media is shared learning from various trusted sources and aims to be a shared media of various administrative needs of the village, starting from village regulations, document formats and videos that have been packaged with discussions from professionals in order to answer the latest problems in rural areas.

DAFTAR TAUTAN


THE RULES


Saya tidak bisa hidup tanpa JavaScript!Aktifkan JavaScript?
Ke atas!