Panduan Penangkapan Inovasi Desa (Capturing)

Panduan Penangkapan Inovasi Desa (Capturing)
Illustration - ciptaDesa.com

Panduan Penangkapan Inovasi Desa (Capturing) ini disiapkan dan mempermudah Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID di masing-masing wilayah khususnya di daerah Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo untuk melakukan capturing dan menjadi dokumen pegangan bagi penanggungjawab dan pelaku capturing dalam menjalankan tugasnya. Dalam melakukan capturing, hal penting yang perlu diingat adalah tujuan dibuatnya produk pengetahuan dan penggunanya. Dalam Program Inovasi Desa (PID), sudah jelas bahwa produk pengetahuan yang dibutuhkan adalah tulisan dan video, minimalnya, tergantung kebutuhan dan anggaran.

Identifikasi Pengetahuan

Identifikasi suatu pengetahuan berasal dari pengalaman yang tersimpan di dalam pikiran seseorang, misalnya pengetahuan di desa yang akan hilang ketika ahli atau narasumber yang memiliki ilmunya berpindah desa, atau pengetahuan yang dibutuhkan tapi tidak tersimpan dalam wujud yang terlihat. Ini dapat berupa pengalaman praktis, sebuah pembelajaran yang layak untuk disimpan dan dibagikan pada desa lain saat ini atau di masa yang akan datang

Verifikasi Inovasi

Pengetahuan yang telah diidentifikasi sebagai inovasi, harus melalui tahapan verifikasi sebelum dilakukan penangkapan (capturing) dan didokumentasikan dalam template dokumen pembelajaran. Tahapan verifikasi dilakukan oleh TIK berdasarkan hasil identifikasi inovasi yang dilakukan oleh TPID pada tahapan identifkasi inovasi berdasarkan Kartu IDE dari Bursa Inovasi Desa. Tahapan verifikasi ini untuk memastikan bahwa inovasi yang telah dituliskan di Kartu IDE dan informasi hasil identifikasi TPID adalah fakta inovasi yang telah benar-benar terjadi dan telah memenuhi kriteria inovasi dalam PID.

Menangkap (Capturing) Inovasi

Tahapan ini menentukan metode penangkapan inovasi yg akan dipakai dalam proses pengumpulan data dan informasi untuk dimasukkan ke dalam dokumen pembelajaran yang akan menjadi basis bagi pembuatan bentuk untuk dibagikan.

Dokumen Pembelajaran

Sebagai dasar pembuatan dokumen pembelajaran, gunakan template berikut dengan semua informasi yang telah diperoleh saat wawancara. Kotak-kotak di dalam template menjadi panduan akan volume informasi yang harus dimasukkan. Tuliskanlah sebanyak yang Anda perlukan untuk menggambarkan pengalaman atau praktek operasional inovasi dengan komprehensif dan ringkas. Rata-rata deskripsi sebuah pengalaman akan terdiri atas 3 sampai 6 halaman termasuk foto, ilustrasi, grafik. Kumpulkan gambar, foto, ilustrasi, dan grafik ketika dibutuhkan dan masukkan ke kotak yang sesuai di dalam template.

Untuk lebih lengkap/detail panduan penangkapan kegiatan inovasi atau capturing bisa anda download dibawah ini. dan Jika anda membutuhkan contoh dokumen pembelajaran bisa Anda dapatkan disni » Dokumen Pembelajaran Inovasi Desa

Panduan Penangkapan Inovasi Desa (Capturing) 1.7 MB