Berminat untuk bergabung dengan Grup WhatsApp Kami Diskusi Desa

Desa Ramah Perempuan sebagai Strategi SDGs

Mohon tunggu 0 seconds...
Gulir ke Bawah dan klik Pergi ke Tautan untuk tujuan
Congrats! Link is Generated
Desa Ramah Perempuan sebagai Strategi SDGs
Illustration - ciptaDesa.com

Berdasarkan Kondisi yang tergambarkan diatas, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi di bawah kepemimpinan Gus Menteri Desa berupaya memaksimalkan peningkatan peringkat pencapaian SDGs dengan “melokalkan” SDGs dalam kebijakan pembangunan Desa. Upaya melokalkan SDGs ini kemudian disebut dengan SDGs Desa. SDGs Desa merupakan upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa Kemiskinan dan Kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

SDGs Desa merupakan sebuah upaya terobosan untuk mewujudkan pembangunan Desa yang berkelanjutan sebagai upaya memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan generasi masa depan, dengan mengedepankan kesejahteraan tiga dimensi (sosial, ekonomi dan lingkungan).

Sustainable Development Goals (SDGs)

  1. SDGs merupakan sebuah rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.
  2. SDGs berisi 18 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.
  3. Implementasi kebijakan SDGs dalam konteks implementasi Undang_Undang Desa adalah mempertajam focus dari Arah Kebijakan Perencanaan Pembangunan Desa tertuju pada upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat Desa secara lebih nyata, misalnya: percepatan penanggulangan kemiskinan, peningkatan kesehatan masyarakat, promosi pendidikan, dan pencegahan dan penanangan perubahan iklim, dan/atau pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak.
  4. Pencapaian SDGs melalui pendekatan pembangunan desa diharapkan menjadi ukuran dan standar kemajuan Desa karena indikator-indikator dalam SDGs relevan dan sangat sesuai dengan hakekat serta tujuan pembangunan desa sebagaimana diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Berikut kami bagikan materi presentasi tentang Program Desa Ramah Perempuan sebagai Strategi Akselerasi Implementasi Kebijakan SDGs Desa yang bisa Anda download secara gratis dalam web ini.

Desa Ramah Perempuan sebagai Strategi SDGs 2.40 MB

About the Author

Mencipta Desa, Membangun Manusia

Posting Komentar

apdi situbondo
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Situs Diblokir
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.
Go to Link