Kalender Kerja Pemerintahan Desa

Kalender Kerja Pemerintahan Desa

Setiap awal tahun anggaran, Pemerintah Desa menyusun perencanaan kegiatan sebagai acuan dalam melaksanakan program dan kegiatan dalam tahun anggaran. Perencanaan ini merupakan kalender kegiatan Pemerintah Desa sebagai acuan bagi pemerintah desa dalam membuat perencaan dalam menjalankan kegiatan didesa dari serangkaian kegiatan yang dilakukan secara rutin dalam setiap tahunnya.

Bahkan, kegiatan ini terkesan berulang-ulang karena tahapan rutin di Desa tak lepas dari kegiatan rutinitas dan kegiatan-kegiatan dengan menyesuaikan kondisi dimasing-masing Desa baik dalam hal perencaaan Desa, pelaksnaan program kegiatan, pertanggungjawaban, pelayanan masyarakat ataupun pelaporan kegiatan.

Biasanya, setiap program dan kegiatan yang direncanakan Desa secara keseluruhan tercantum dalam dokumen RPJM Desa yang sifatnya dokumen perencanaan pada masa jabatan kepala Desa dan diterjemahkan dalam RKP Desa.

Kalender kegiatan ini sudah dijelaskan dalam UU Desa yang menjadi acuan mutlak dalam melaksanakan tahapan dalam pemerintahan Desa.

Dibawah ini beberapa hal bagian dari Kalender Pemerintahan Desa.

Kalender Kerja Pemerintahan Desa 41.9 KB
Cover 292 KB
Bulan Kegiatan
Januari Maksimal akhir Januari dibuat laporan semester akhir tahun realisasi pelaksanaan APB Desa Tahun Anggaran sebelumnya.
Februari Maksimal akhir bulan maret Kepala Desa menyampaikan LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa) kepada Bupati.
Maret Pelaksanaan Pembangunan Desa sesuai APB Desa.
April Pelaksanaan Pembangunan Desa sesuai APB Desa.
Mei Pelaksanaan Pembangunan Desa sesuai APB Desa.
Juni Pelaksanaan Pembangunan Desa sesuai APB Desa.
Juli Pelaksanaan Pembangunan Desa sesuai APB Desa.
Agustus Pelaksanaan Pembangunan Desa sesuai APB Desa.
September Pelaksanaan Pembangunan Desa sesuai APB Desa.
Oktober Pelaksanaan Pembangunan Desa sesuai APB Desa.
November Pelaksanaan Pembangunan Desa sesuai APB Desa.
Desember Pelaksanaan Pembangunan Desa sesuai APB Desa.