Paparan KPM Saat Rembuk Stunting Desa

Paparan KPM Saat Rembuk Stunting Desa
Illustration - ciptaDesa.com

Rembuk stunting merupakan sebuah kewajiban Desa dalam melaksnakan tahapan perencanaan tahun selanjutnya atau dilaksanakan sebelum musyawarah Desa (pra musdes). Ini bertujuan agar pemantauan layanan pendidikan dan kesehatan yang dilakukan oleh Kader Pembangunan Manusia alias KPM dapat dibahas dan disepakati melalui rembuk stunting sebagai rekomendasi program dan kegiatan dalam konvergensi pencegahan stunting Desa.

Pemantauan dan evaluasi layanan terhadap 1000 HPK ini meliputi antara lain

  1. Ibu Hamil;
  2. Anak Usia 0-23 Bulan; dan
  3. Anak Usia 2-6 Tahun.

Dari hasil inilah yang akan dibahas dan disepakati pada rembuk stuting sebagai rekomendasi untuk dibawah ke forum musdes penyusunan RKP dan agar sekiranya dapat dimasukkan/dicantumkan pada dokumen RKPDes tahun selanjutnya.

Disinilah peran penuh KPM dalam mengendalikan jalannya rembuk stunting, sebab KPM-lah selaku nara sumber utama pada acara pra musdes ini. Kenapa? Karena KPM yang tahu sejauh mana dari layanan pendidikan dan kesehatan yang diterima oleh 1000 HPK dalam mencegah stunting di Desa dan dilaporkan setiap bulan, 3 bulan dan laporan tahunan.

Berikut kami bagikan materi presentasi terkait paparan Kader Pembangunan Manusia atau KPM pada acara rembuk stunting Desa yang bisa Anda download secara gratis dalam web ini.

Paparan KPM pada Acara Rembuk Stunting Desa 4.8 MB