Format Berita Acara Musdes Perencanaan Desa

Berita Acara Musdes Perencanaan Desa
Illustration - ciptaDesa.com

Pada pasal 45 ayat (3) pada Permendesa, PDTT Nomor 21 tahun 2020 menyebutkan bahwa Dalam hal kepala Desa menyetujui rancangan RKP Desa yang disusun oleh tim penyusun dan diberita acarakan, kepala Desa meminta BPD menyelenggarakan Musyawarah Desa tentang perencanaan Desa. So pasti, pada tahapan selanjutnya dalam penyusunan RKPDes adalah BPD melaksnakanan musdes perencanaan Desa dalam rangka penyusunan RKP Desa tahun 2022.

Pengertian

Musyawarah Desa adalah musyawarah antara BPD, Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh BPD untuk menyepakati hal-hal yang bersifat strategis. Hal yang bersifat strategis sebagaimana dimaksud diantaranya termasuk penyusunan perencanaan Desa (RPJM Desa dan RKP Desa).

Pemerintah Desa memfasilitasi penyelenggaraan Musyawarah Desa dengan mempersiapkan bahan pembahasan. Tahap penyiapan bahan Musyawarah Desa dilakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan teknis, substansi dan administrasi yang dibutuhkan pada saat pelaksanaan Musyawarah Desa, Kepala Desa bertanggung jawab dalam proses fasilitasi pelaksanaan Musyawarah Desa.

Tujuan

Pelaksanaan Musyawarah Desa tentang perencanaan Desa bertujuan menggali data/informasi dan aspirasi masyarakat dalam rangka penyempurnaan Rancangan RKP Desa.

Masukan

Adapun bahan dan dokumen yang dipersiapkan untuk pelaksanaan Musyawarah Desa tentang perencanaan Desa terdiri dari:

  1. Rancangan RKP Desa dan DU-RKP Desa yang sudah disetujui Kepala Desa.
  2. Pandangan Resmi BPD, paling sedikit memuat:
    • Pendahuluan, latar belakang, dasar hukum, maksud, dan tujuan;
    • Gambaran umum hal strategis yang akan dibahas;
    • Pendapat BPD terhadap hal strategis yang akan dibahas dalam Musyawarah Desa; dan
    • Kesimpulan dan rekomendasi.

Karena dalam permendesa 21 tahun 2020 tidak mengatur secara detail tentang teknis pelaksanaan musdes perencanaan Desa, kami mewakili Kru Cipta Desa menjabarkan dalam pedoman penyusunan RKP Desa tahun 2022 mengacu pada Permendesa, PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa. Format ini merupakan bagian tidak terpisahkan dari Pedoman Penyusunan RKPDes Tahun 2022 serta bisa Anda edit untuk disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing Desa sesuai dengan kewenangan desa yang diatur dalam perundang-undangan, Format Berita Acara Musdes Perencanaan Desa bisa Anda download secara gratis dalam web ini.

Berita Acara Musdes Perencanaan Desa 27.4 KB
Download Dokumen RKP Desa 2022 817 KB