Format Rancangan RKP Desa 2022

Rancangan RKP Desa 2022
Illustration - ciptaDesa.com

Dari sekian tahapan yang dilakukan oleh tim penyusun RKPDes 2022, selanjutnya tim menyusun rancangan RKP Desa tahun 2022 sebagai acuan awal perencanaan tahun 2022. Sesuai dengan Pasal 42 sampai dengan Pasal 45, Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 21 tahun 2020, pada penyusunan rancangan RKP Desa dan DU-RKP Desa ada 2 (dua) agenda dalam tahapan ini, yang meliputi:

  1. Penyusunan Rancangan RKP Desa Tahun 2022 dan DU-RKP Desa Tahun 2023
  2. Musyawarah Desa tentang Perencanaan Desa

Tidak seperti proses penyusunan RKPDes 2021 lalu, tim penyusun di bentuk setalah musdes perencanaan Desa dalam rangka penyusunan RKP Desa tahun selanjutnya. Pada tahapan sesuai dengan Permendesa, PDTT 21 tahun 2020 bahwa musdes menjadi bagia dari kinerja tim penyusun. Artinya pada pelaksnaan musdes perencaan Desa dilakukan setelah tim penyusun sudah membuat rancangan RKPDes 2022.

Ini merupakan sebuah proses menyusun prioritas program, kegiatan dan anggaran Desa yang dikelola oleh Desa, dikelola melalui kerjasama antar Desa dan pihak lain, serta dikelola oleh Desa berdasarkan kewenangan penugasan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten.

Adapun tujuan penyusunan RKP Desa adalah:

  1. Menyusun rencana prioritas program, kegiatan, dan anggaran Desa yang dikelola oleh Desa;
  2. Menyusun rencana prioritas program, kegiatan, dan anggaran Desa yang dikelola melalui kerja sama antar Desa dan pihak ketiga;
  3. Menyusun rencana program, kegiatan, dan anggaran Desa yang dikelola oleh Desa sebagai kewenangan penugasan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten; dan
  4. Menyusun Usulan Tim Pelaksana Kegiatan.

Perbedaan pada format rancangan RKPDes sebelumnya lebih pada kondisi bahwa perencanaan Desa berbasis pada data riil/fakta dilapangan atau dikenal dengan data eksisting pada tahun berjalan perencanaan Desa.

Rancangan RKP Desa sesuai pasal 43 Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 21 Tahun 2020, paling sedikit memuat:

  1. evaluasi pelaksanaan RKP Desa tahun sebelumnya;
  2. rencana kegiatan dan rencana anggaran biaya;
  3. prioritas program, kegiatan, dan anggaran Desa yang dikelola oleh Desa;
  4. prioritas program, kegiatan, dan anggaran Desa yang dikelola melalui kerja sama antar Desa dan pihak lain;
  5. rencana program, kegiatan, dan anggaran Desa yang dikelola oleh Desa sebagai kewenangan penugasan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota; dan
  6. tim Pelaksana Kegiatan.

Berikut kami bagikan contoh Format Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa atau RKP Desa 2022 yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari Pedoman Penyusunan RKPDes Tahun 2022 serta bisa Anda edit untuk disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing Desa sesuai dengan kewenangan desa yang diatur dalam perundang-undangan, Format Rancangan RKP Desa 2022 bisa Anda download secara gratis dalam web ini.

Rancangan RKP Desa 2022 25.4 KB
Download Dokumen RKP Desa 2022 817 KB