Draft SK Pembentukan Kelompok Dasawisma Desa

SK Dasawisma
Illustration - ciptaDesa.com

Dasa wisma merupakan kelompok ibu berasal dari 10KK (kepala keluarga) rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program. Pengumpulan dana, kuisioner, tertib administrasi adalah beberapa contoh tanggung jawab ketua dasa wisma yang kemudian diteruskan ke ketua PKK. Kelompok Dasa Wisma adalah Kelompok yang terdiri dari 10-20KK (kepala keluarga) dalam satu dusun, setelah terbentuk kelompok maka diangkatlah satu orang yang memiliki tanggung jawab sebagai anggota.

Adapun tujuan kelompok dasa wisma ini adalah membantu kelancaran tugas-tugas pokok dan program PKK. Kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga. Bentuk kegiatannya seperti arisan, pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat (PMT, pengobatan ringan, membangun sarana sampah dan kotoran)

Latar Belakang

  1. bahwa dalam rangka meningkatkan kedudukan peran serta perempuan, serta upaya memasyarakatkan dan kesetaraan gender dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara perlu melakukan pembentukan kelompok dasawisma untuk seluruh proses pembangunan;
  2. bahwa dalam upaya menginspirasikan pembangunan dimaksud pada huruf a, maka perlu menetapkan Keputusan Kepala Desa tentang Kelompok Dasawisma Desa

Keputusan

DiktumKeterangan
KESATUMengesahkan Pengurus Kelompok Dasawisma Desa, dengan Susunan Keanggotaan sebagaimana tersebut dalam Lampiran Keputusan ini.
KEDUATugas Pengurus Dasawisma sebagaimana dimaksud diktum KESATU adalah:
  1. melakukan pendataan ibu hamil, melahirkan, nifas, kelahiran dan kematian bayi & balita;
  2. melakukan pendataan lampid (lahir, meninggal, pindah, datang);
  3. melakukan penggerakan kepada anggota dasawisma pada kegiatan kemasyarakatan;
  4. berperan aktif dalam penyampaian informasi kepada anggota dasawisma dengan mengakses media sosial TP-PKK dan pusat data dan informasi keluarga:
KETIGASegala biaya yang berkenaan dengan pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud diktum KEDUA dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dan Swadaya Desa.
KEEMPATKeputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketentuan apabila terdapat kekeliruan didalamnya akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Berikut kami bagikan draft Surat Keputusan (SK) Kepala Desa tentang Pembentukan Kelompok Dasawisma Desa serta bisa Anda edit untuk disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing Desa sesuai dengan kewenangan desa yang diatur dalam perundang-undangan, SK Pembentukan Kelompok Dasawisma Desa bisa Anda download secara gratis dalam web ini.

Pembentukan Kelompok Dasawisma Desa 35.5 KB