Berminat untuk bergabung dengan Grup WhatsApp Kami Diskusi Desa

Metodologi dan Pengukuran SDGs Desa

Mohon tunggu 0 seconds...
Gulir ke Bawah dan klik Pergi ke Tautan untuk tujuan
Congrats! Link is Generated
Metodologi dan Pengukuran SDGs Desa
Illustration - ciptaDesa.com

SDGs Desa merupakan pembumian Suistanabel Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Nasional yang diundangkan lewat Peraturan Presiden Nomor 59 tahun 2020. SDGs Desa menambahkan poin ke-18 yaitu Kelembangaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif

Berdasarkan aspek kewilayahan, 91 persen wilayah Indonesia adalah wilayah desa, 11 tujuan pembangunan nasional berkelanjutan berkaitan erat dengan kewilayahan desa.

Pembangunan desa mengarah pada 18 tujuan pembangunan berkelanjutan dan generasi mendatang tetap menjadi bagian dari pelaksanaan dan pemanfaatan pembangunan. Dasar pemikiran munculnya SDGs 18 yaitu menghargai keberadaan bangsa Indonesia yang beragam dalam agama, budaya, bahasa dan adat istiadat. Juga menampung kearifan lokal masyarakat dan kelembagaan desa yang produktif.

Penjelasan mengenai SDGs Desa ini masuk dalam Trilogi Pertama yang dituangkan dalam Buku terbitan pertama yang diberi judul 'SDGs Desa Percepatan Pencapaian". Trilogi Kedua SDGs Desa pun diterbitkan dalam buku kedua yaitu SDGs Desa, Metodologi dan Pengukuran. Ini mengetahui kesuksesan arah pembangunan desa nantinya.

Metodologi adalah apa yang dianggap benar, yaitu tercapainya sasaran-sasaran dari 18 Tujuan SDGs Desa, terpenuhinya mekanisme kerja sama antarpihak mencapai sasaran-sasaran tersebut.

Kontrol Akademis Pengukuran SDGs Desa

Metodologi ini telah melewati kontrol akademis dari Universitas terkemuka di Indonesia dalam mencapai tujuan SDGs Desa.

Kontrol pengukuran SDGs Desa dari akademisi

  1. Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
  3. Universitas Negeri Surabaya.

Kontrol akademisi dalam bentuk

  1. Pengecekan kerangka pemikiran, konsep, definisi operasional, dan instrument.
  2. Rekomendasi atas draft-draft yang disusun.
  3. Uji validitas internal instrumen: kesesuaian dengan konsep SDGs, dengan hasil valid karena didasarkan pada meta data Perpres 59/2017 tentang pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, diambil yang tepat dibangun pada konteks desa.

Berikut kami bagikan Buku Desa tentang Metodologi dan Pengukuran SDGs Desa yang dikeluarkan oleh kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang bisa Anda download secara gratis dalam web ini.

Metodologi dan Pengukuran SDGs Desa 3.471 KB

About the Author

Mencipta Desa, Membangun Manusia

Posting Komentar

apdi situbondo
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Situs Diblokir
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.
Go to Link