Metodologi dan Pengukuran SDGs Desa

Metodologi dan Pengukuran SDGs Desa
Metodologi dan Pengukuran SDGs Desa - ciptaDesa.com

SDGs Desa merupakan pembumian Suistanabel Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Nasional yang diundangkan lewat Peraturan Presiden Nomor 59 tahun 2020. SDGs Desa menambahkan poin ke-18 yaitu Kelembangaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif

Berdasarkan aspek kewilayahan, 91 persen wilayah Indonesia adalah wilayah desa, 11 tujuan pembangunan nasional berkelanjutan berkaitan erat dengan kewilayahan desa.

Pembangunan desa mengarah pada 18 tujuan pembangunan berkelanjutan dan generasi mendatang tetap menjadi bagian dari pelaksanaan dan pemanfaatan pembangunan. Dasar pemikiran munculnya SDGs 18 yaitu menghargai keberadaan bangsa Indonesia yang beragam dalam agama, budaya, bahasa dan adat istiadat. Juga menampung kearifan lokal masyarakat dan kelembagaan desa yang produktif.

Penjelasan mengenai SDGs Desa ini masuk dalam Trilogi Pertama yang dituangkan dalam Buku terbitan pertama yang diberi judul 'SDGs Desa Percepatan Pencapaian". Trilogi Kedua SDGs Desa pun diterbitkan dalam buku kedua yaitu SDGs Desa, Metodologi dan Pengukuran. Ini mengetahui kesuksesan arah pembangunan desa nantinya.

Metodologi adalah apa yang dianggap benar, yaitu tercapainya sasaran-sasaran dari 18 Tujuan SDGs Desa, terpenuhinya mekanisme kerja sama antarpihak mencapai sasaran-sasaran tersebut.

Kontrol Akademis Pengukuran SDGs Desa

Metodologi ini telah melewati kontrol akademis dari Universitas terkemuka di Indonesia dalam mencapai tujuan SDGs Desa.

Kontrol pengukuran SDGs Desa dari akademisi

  1. Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
  3. Universitas Negeri Surabaya.

Kontrol akademisi dalam bentuk

  1. Pengecekan kerangka pemikiran, konsep, definisi operasional, dan instrument.
  2. Rekomendasi atas draft-draft yang disusun.
  3. Uji validitas internal instrumen: kesesuaian dengan konsep SDGs, dengan hasil valid karena didasarkan pada meta data Perpres 59/2017 tentang pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, diambil yang tepat dibangun pada konteks desa.
Metodologi dan Pengukuran SDGs Desa 3.471 KB