Berminat untuk bergabung dengan Grup WhatsApp Kami Diskusi Desa

Peningkatan Kapasitas KPM Semangka

Peningkatan kapasitas KPM Semangka (Mangaran - Kapongan) dalam pemahaman pelaporan konvergensi pencegahan stunting di Desa.
Peningkatan Kapasitas KPM Semangka
Palatihan KPM Semangka (5-11-2021)

Kondisi terkini terkait dengan percepatan penyaluran Dana Desa tahun 2021 Tahap 3 ini menjadi perbincangan hangat di desa seantero nusantara terlebih kabupaten Situbondo. Hal ini dikarenakan salah satu persyaratan pencairan Dana Desa adalah laporan konvergensi pencegahan stunting Desa tahun 2020 yang dilakukan oleh Kader Pembangunan Manusia atau KPM di masing-masing Desa. Persyaratan yang dimasksud merupakan sebuah implementasi dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 69/PMK.07/2021 tentang Perubahan Atas PMK Nomor 222/PMK.07/2020 tentangan Pengelolaan Dana Desa.

Semua ini mendapatkan tanggapan serius dari desa-desa utnuk menyelesaikan laporan konvergensi stunting yang notabene tahun 2020 banyak Desa tidak melaksanakan pemantauan layanan 1000 HPK atau belum maksimal kinerja KPM disebabakan beberapa hal kondisi di Desa.

Fenomena ini mendapatkan tanggapan serius dari Tim Pendamping Desa Wilayah Kecamatan Kapongan, Situbondo dengan melaksanakan peningkatan kapasitas terhadap KPM Semangka (Se-Mangaran Kapongan) di Aula Kantor Desa Kesambirampak Kecamatan Kapongan, Situbondo pada Hari Jumat, 5 November 2021. Pelatihan yang digelar pada jam 13.00 WIB ini dihadiri oleh KPM se wilayah Kecamatan Mangaran dan Wilaayah Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo.

H. Rofik Yuliandi, M.Pd.I saat dikonfirmasi oleh Cangkir Desa mengatakan bahwa kondisi ini harus segera ditanggapi serius mengingat batas akhir pengajuan Dana Desa Tahap 3 adalah tanggal 15 November 2021 yang disampaikan Dinas Pemberdayaaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo.

"Kami bersama tim pendampingan Kapongan berinisiatif untuk meningkatkan pengetahuan kepada KPM dalam rangka penyelesaian laporan tahunan atau kuartal ke-4, meskipun di wilayah dampingan kami sudah dilakukan sejak tahun 2020 lalu" kata mantan PD Kecamatan Mangaran ini.

Meskipun lanjutnya, laporan konvergensi pencegahan stunting Desa tahun 2020 sudah dilakukan oleh KPM masing-masing Desa. Kan tetapi perlu pengoreksian laporan sesuai dengan faka dilapangan melalui pengecekan laporan bulanan dan evaluasi perkuartal.

"Alhamdulillah laporan KPM tahun 2020 sudah selesai, kami tinggal verifikasi keabsahan laporan sesuai dengan laporan bulanan KPM" tambah PD Kapongan ini.

Dilain sisi, PLD Wilayah Kecamatan Kapongan, Gayuh Untung Suprayogi meminta kepada KPM agar terus melakukan pemantauan layanan 1000 HPK agar kedepan laporan tidak keteteran lagi dan sesuai kondisi riil dilapangan.

"Tidak hanya itu, Desa juga diharapkan mensupport KPM dalam melaksanakan tugasnya dengan membiayai kegiatan-kegiatan konvergensi pencegahan stunting di tahun 2022 seperti halnya Rumah Desa Sehat (RDS), PMT Balita, Fasilitasi jaminan Kesehatan Masyarakat, Rembuk Stunting dan kegiatan lain dalam hal pencegahan stunting di Desa," ungkap Gayus sapaan akrab akrab PLD ini.

Dalam peningkatan kapasitas ini sebagai nara sumber utama pengisian laporan konvergensi pencegahan Stunting Desa adalah Fathor Rahman selaku PLD Wilayah Kecamatan Mangaran.

"Kami mengundang mas Oonk selaku pendamping dan admin web ciptaDesa.com untuk melatih KPM semangka dalam pengisian form manual Excel dalam mempermudah kinerja KPM kedepan," imbuh Gayuh saat dikonfirmasi Kru Cipta Desa.

No. Nama Jabatan Keterangan
01. H. Rofik Yuliandi PD Kapongan Fasilitator
02. Cahyo PD Kapongan Fasilitator
03. Fathor Rahman PLD Mangaran Narasumber
04. Nur Rhopika Jamil PD Asembagus Fasilitator
05. Fikri Auzan PD Arjasa Fasilitator
06. Gayuh Untung S. PLD Kapongan Fasilitator
07. Khairul Umam PLD Kapongan Fasilitator
08. Sugiarto PLD Kapongan Fasilitator
09. Destarina puspita KPM Seletreng Peserta
10. Anita rufaidah KPM Kesambirampak Peserta
11. Mery KPM Kapongan Peserta
12. Inayatul KPM Curah Cottok Peserta
13. Ika Elisa KPM Gebangan Peserta
14. Nur Faise KPM Peleyan Peserta
15. Riskiye KPM Wonokoyo Peserta
16. Halimah KPM Landangan Peserta
17. Nurma Indah KPM Pokaan Peserta
18. Suhatina KPM Kandang Peserta
19. Fera Amalia KPM Tanjung Kamal Peserta
20. Hesty KPM Tanjung Glugur Peserta
Mencipta Desa, Membangun Manusia

Posting Komentar

© Cipta Desa. All rights reserved. Developed by Jago Desain