Berminat untuk bergabung dengan Grup WhatsApp Kami Diskusi Desa

Alat Kaji Penyusunan RPJM Desa

Mohon tunggu 0 seconds...
Gulir ke Bawah dan klik Pergi ke Tautan untuk tujuan
Congrats! Link is Generated
Alat Kaji Musdus RPJM Desa
Illustration - ciptaDesa.com

Setelah tim penyusun RPJM Desa melakukan pengkajian peta jalan SDGs Desa dan mengkaji daftar rencana program dan kegiatan yang masuk ke Desa. Berdasarkan Pasal 23 ayat (3) Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 21 Tahun 2020, usulan progam dan/atau kegiatan dirumuskan secara partisipatif dan inklusif dengan melibatkan semua warga Desa melalui kelompok diskusi terpumpun dan/atau rembuk warga di tingkat kelompok masyarakat, rukun tetangga/rukun warga, dusun dan Desa.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam pengkajian keadaan Desa (PKD) atau biasa dibilang musdus. Tujuannya ini dalam rangka partisipasi masyarakat dalam merumuskan pembangunan Desa selama 6 tahun kedepan. Peta jalan SDGs Desa dan daftar program yang masuk ke Desa sebagai faktor utama yang didiskusikan pada forum PKD tersebut.

Pencermatan hasil penyelarasan arah kebijakan Pembangunan Desa dilakukan dengan mempelajari dan mengkaji Peta Jalan SDGs Desa berdasarkan hasil pendataan SDGs Desa, jika peta jalan SDGs Desa belum tersusun maka melakukan Pengkajian Keadaan Desa.

Pengkajian Keadaan Desa adalah Proses penggalian dan pengumpulan data baik spasial maupun sosial mengenai keadaan obyektif masyarakat, masalah, potensi, dan berbagai informasi terkait yang menggambarkan secara jelas dan lengkap kondisi serta dinamika masyarakat Desa.

Dalam merumuskan program dan kegiatan yang direkomendasikan SDGs Desa itu perlu alat kaji dalam menentukan tindakan atas masalah yang dihadapi di Desa/dusun. Alat kaji yang dimaksud adalah:

  1. bagan kelembagaan;
  2. peta sosial desa;
  3. kalender musim; dan
  4. pohon masalah.

Berikut kami bagikan contoh format alat kaji dalam melaksanakan PKD penyusunan RPJM Desa yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Pedoman Teknis Penyusunan RPJM Desa yang disusun oleh tim Cangkir Desa Situbondo sebagai impelementasi dari Permendesa, PDTT Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Desa, serta bisa Anda edit untuk disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing Desa sesuai dengan kewenangan desa yang diatur dalam perundang-undangan, contoh format alat kaji penyusunan RPJM Desa bisa Anda download secara gratis dalam web ini.

List Alat Kaji Penyusunan RPJM Desa

No. Format Keterangan
01. Alat Kaji ke-1 Bagan Kelembagaan
02. Alat Kaji ke-2 Peta Sosial Desa
03. Alat Kaji ke-3 Daftar Masalah dan Potensi Sketsa Desa
04. Alat Kaji ke-4 Kalender Musim
05. Alat Kaji ke-5 Daftar Masalah dan Potensi Kalender Musim
06. Alat Kaji ke-6 Pohon Masalah
07. Alat Kaji ke-7 Daftar Masalah dan Potensi dari Pohon Masalah
Bagaimana cara menyusunnya?
Anda bisa pelajari secara detail pada tahapan ini
pedum_rpjmdes.pdf 25.892 KB

About the Author

Mencipta Desa, Membangun Manusia

Post a Comment

apdi situbondo
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Situs Diblokir
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.
Go to Link